Belajar jadi Carpenter


Sebelum mulai kita ngupi-ngupi cantik dulu gaes :)

Oke pertama apa sih arti Carpenter itu ??

Definitions of carpenter
noun
a person who makes and repairs wooden objects and structures.
Tom Searles worked as a carpenter repairing the inside of the wooden mills and stayed for seventeen years.
synonyms: woodworker, cabinetmaker
verb
make by shaping wood.
the rails were carpentered very skillfully
Yup diatas adalah definisi dari carpenter atau disini biasa disebut tukang kayu. Jangan pada komplain gw kasih definisi dalam bahasa inggris ini buat kebaikan kalian semua gaes trust me 😎

Berawal dari ponakan ane sebut saja namanya Irvan (emang itu nama aslinya dia wkwk) dia minta tolong untuk pesenin scroll saw di salah satu marketplace karena dia pengen bikin sesuatu dari multiplek. Skip skip dah dipesen n barangnya datang dia langsung coba and voilaa jadilah salah satu mahakarya terhebat yang pernah dia ciptakan check it out..

(hasil karya menyusul lupa simpen dmn file nya)

Akhirnya dari situ gw mulai tertarik sama dunia perkayuan n waktu itu kebetulan lg pengen beli hanging self dan terbersitlah kenapa ga gw bikin sendiri aja kaya nya gampang. Coba tanya om google n cari tutorial di youtube akhirnya makin keracunan ane. Untuk memulai tentu saja kita harus punya tools, alat pertama yang gw beli adalah circular saw yang nantinya gw bakal bikin jadi table saw.

Untuk tools lain kebetulan di pabrik tempat gawe ada jigsaw dan gerinda, bor ane dah ada. Beli kayu bekas di madura yang biasa disebut jati belanda, harga murah coy berkisar Rp. 3500 - 7000 tergantung ukuran. Setelah tools n bahan ada berangkatlah ane di hari minggu pagi itu ke pabrik (ga kerjain dirumah karena pasti berisik n banyak debu hasil potongan kayu). Ditemani ponakan ane irvan dan pak satpam yang senantiasa mengawasi dengan seksama 😆

Project pertama kita harus buat Table Saw, berbekal work plan hasil download di google kita mulai potong sana potong sini bikin meja ala kadarnya karena emang kita berdua awam banget. Skip skip setelah beberapa jam jadilah table saw kita dan langsung korban pertama sebatang kayu jati belanda menjerit merasakan blade dari circular saw yang dengan bengis membelahnya menjadi dua bagian.

Kerjaan potong memotong dah selesai tiba saatnya merakit, waktu itu masih pakai paku n lem buat menyambung kayu nya n hasilnya not bad lah masih gw pake sampe sekarang itu hanging self nya. Seiring berjalannya waktu tools pun nambah ada trimmer, mitter saw, sander, clamp dll.

Project berikutnya yang ane buat adalah round coffee table, meja segiempat, drawer chest, rak sepatu, ambalan, meja tv dll. Hobi kayu ini ternyata sangat bermanfaat dan juga melatih kemandirian kita untuk membuat sesuatu sendiri aka Do It Yourself. Untuk hasil karya segera menyusul yah gaes 😀

Thanks















Comments

Popular Posts